Cara Daftar CPNS 2021 Online dan Persyaratannya!

Pendaftaran CPNS 2021 akan dibuka pada akhir Juni 2021. Sudah menyiapkan amunisi untuk memenangkan pertarungan sengit ini? Sebelum terjun ke medan pertempuran untuk memperebutkan kursi ASN, Anda harus melewati seleksi administratif terlebih dahulu. Artinya, Anda harus benar mendaftar online CPNS 2021 agar bisa lolos ke level selanjutnya.

Kabar gembira bagi anda yang malas menyiapkan berkas persyaratan pendaftaran CPNS.

Pendaftaran CPNS 2021 akan jauh lebih mudah dan nyaman. Karena Sistem Seleksi CPNS (SSCN) telah ditingkatkan dengan fitur baru! Jadi Anda tidak perlu lagi membuat banyak file registry seperti tahun-tahun sebelumnya.

Persyaratan CPNS untuk tahun 2021

Pendaftaran CPNS 2021 hanya dapat dilakukan di satu portal

yaitu sscasn.bkn.go.id. Jangan mendaftar di website lain yang kredibilitasnya tidak jelas. Lalu apa saja yang harus saya dokumentasikan untuk persyaratan CPNS 2021? Meski detail dokumen pendaftaran CPNS tahun ini belum dirilis, namun persyaratan tahun sebelumnya bisa Anda jadikan acuan.

foto identitas
Kartu Keluarga (KK)
selfie
Pindai ID asli
sertifikat
Transkrip
Dokumen tambahan tergantung persyaratan masing-masing formasi, seperti SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), TOEFL dan lain-lain. Ada juga formasi yang meminta Anda untuk mengirim file kertas ke kantor agensi. Periksa dokumen tambahan ini dengan cermat agar Anda tidak melewatkan apa pun. Ada beberapa kasus pendaftar gagal administrasi karena tidak menambahkan persyaratan tambahan.

Apa yang baru dari Metode Pendaftaran CPNS 2021?

Daftar di atas memuat persyaratan dokumen CPNS tahun-tahun sebelumnya. Sebenarnya persyaratan tahun ini tidak jauh berbeda, namun ada beberapa hal menarik yang perlu diperhatikan.

  1. Sistem terintegrasi, tidak perlu mengunggah dokumen tertentu

Menurut Direktur BKN Bima Haria Wibisana, pendaftaran seleksi CPNS kali ini akan lebih praktis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan portal SSCASN memiliki akses data ijazah dan akreditasi perguruan tinggi di Kemenristekdikti, data Dapodik di Kemendikbud, data STR Kemenkes dan data NIK di Dukcapil.

Anda tidak perlu lagi mengunggah dokumen Ijazah

, Nomor Induk Unik Pendidik dan Kependidikan (NUPTK) dan Surat Tanda Registrasi (STR). Karena semuanya sudah ada di sistem.

(2) Tes bebas joki menggunakan teknologi pengenalan wajah

Anda tidak perlu khawatir untuk menyontek pada tes CPNS. BKN sudah menggunakan teknologi pengenalan wajah di CAT BKN, yang membuat joki tidak bisa beraksi. Teknologi ini mampu mencocokkan wajah para peserta tes dengan wajah para pelamar. Dengan demikian, risiko penipuan dapat dikurangi.

(3) Pilih Formasi Live di portal SSCASN!

Jika dulu kita harus mengecek formasi satu per satu di website agensi, sekarang bisa langsung cek di portal SSCASN. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memilih formasi yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan Anda.

(4) Skor langsung di YouTube

Penasaran dengan rangking tes CPNS? Nantinya, BKN akan memposting live skor hasil tes CPNS di YouTube untuk mengurangi risiko keramaian saat tes CPNS. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 selama ujian berlangsung.

(5) Tes dapat diikuti oleh WNI di luar negeri dan mereka yang menderita COVID-19

Oh ya, BKN juga memastikan tetap di luar negeri dan penderita Covid-19 tetap bisa mengikuti tes CPNS 2021, nanti ada ruangan khusus untuk pasien Covid-19. Selain ini,

Dengan upgrade di atas, pendaftaran CPNS tahun ini diharapkan semakin nyaman, mudah, dan lancar. Sambil menunggu pendaftaran dibuka, silahkan lengkapi file diatas dan lihat cara membuat akun pendaftaran CPNS 2021 dibawah ini.

Lihat Juga :

https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://dolanyok.com/
https://4winmobile.com/