Teks prosedur: Cara membuat kue donat dalam bahasa Inggris dan artinya

Salah satu kue yang paling legendaris dan abadi adalah donat. Teman-teman KBI perlu tahu donat juga kan? Kue donat adalah kue yang terbuat dari campuran tepung dan telur, yang kemudian dibuat bulat dan berlubang di tengahnya.

Kue ini sangat legendaris sehingga penting bagi kita untuk mengetahui cara membuat donat sendiri. Apakah Anda juga ingin mengenal teman-teman KBI? Langsung saja kita simak contoh procedure text untuk donat berikut ini

Bahan untuk kue:

100 gram kentang segar, direbus lalu dikupas dan dihaluskan
200 gram tepung terigu (pilih yang baru dan segar)
50 gr gula pasir putih
Kemasan margarin 40 gram
15 gr susu bubuk (merk apa saja)
1/2 sendok teh baking powder baking
1/2 bungkus ragi instan (atau sekitar 5 gram)
4 btr kuning telur
1/4 sendok teh garam
100 ml air es

Untuk topping coklat :

250gr. Koki coklat (kaleng coklat dilelehkan)
100 gr margarin kemasan
Cokelat Meise secukupnya

Proses pembuatan donat yang enak dan lembut:

Ibu harus terlebih dahulu mencampur bahan-bahan seperti tepung, ragi, gula, soda kue, dan susu bubuk di rumah, seperti yang diukur di atas. Kemudian aduk hingga tercampur sempurna.
Jika sudah terlihat, tambahkan sedikit telur dan juga kentang dan air es. Nah, jika semuanya sudah beres, lanjut ke tahap menguleni adonan hingga memberikan hasil yang benar-benar kalistik.
Setelah potash sedikit lebih lemah, tambahkan garam dan margarin lagi dan lanjutkan menguleni lagi sampai potash benar dan elastis saat disentuh saat Anda menariknya keluar.
Setelah proses selesai, tutup adonan dengan kain bersih atau plastik wrap selama kurang lebih 15 menit, atau sampai mengembang.
Jika adonan sudah terlihat mengembang dengan sempurna, maka langkah selanjutnya adalah memotong ORB telur kurang lebih (dibuat bulat dan agak pipih) selain dikempeskan atau jika ingin menggunakan timbangan dengan berat 30 gram. Kira2 bagus, diamkan dan tunggu sekitar 10 menit.
Jika adonan resep donat kentang sudah mengembang lama, akan muncul lubang di tengahnya.
Letakkan semua adonan yang sudah dibentuk hidup di atas loyang yang dilapisi tepung tipis. Tunggu hingga 1 jam.
Terakhir, panaskan minyak di atas api sedang, jika Anda perlu memakai api ekstra biarkan matang. Jika Anda telah melihat tinggal kuning keemasan, Anda sudah selesai dengan topping.

Bahan kue:

100 gram kentang segar, direbus lalu dikupas dan dihaluskan
200 gram tepung terigu (pilih yang baru dan segar)
50 gram gula putih
40 gram margarin kemasan
15 gr susu bubuk (merk apa saja)
1/2 sendok teh baking powder baking
1/2 bungkus ragi instan (atau sekitar 5 gram)
4 kuning telur
1/4 sendok teh garam meja
100 ml air es

Untuk topping coklat :

250 gr coklat masak (bisa dibuat dari coklat batangan yang dilelehkan)
100 gram margarin kemasan
Coklat titmouse secukupnya.

Proses pembuatan donat yang enak dan lembut :

Pertama kali yang harus moms lakukan di rumah adalah mencampur bahan-bahan seperti tepung terigu, ragi, gula, baking soda dan susu bubuk sesuai dengan proporsi di atas. Kemudian aduk hingga semuanya tercampur rata.
Jika sudah rata, masukkan telur dan kentang serta air es sedikit demi sedikit. Nah, setelah semuanya tercampur, lanjut ke tahap menguleni adonan hingga mendapatkan hasil yang benar-benar halus.
Setelah dirasa agak halus, tambahkan lagi garam dan margarine lalu uleni kembali hingga benar-benar kalis dan terasa elastis saat ditarik.
Jika proses sudah selesai, cukup tutup adonan dengan serbet bersih atau plastik wrap selama kurang lebih 15 menit, atau sampai mengembang.
Jika adonan terlihat sempurna maka langkah selanjutnya adalah mengosongkannya kembali lalu diiris rata sebesar telur (bulat dan agak pipih) atau jika ingin menggunakan timbangan beratnya sekitar 30 gram. Nah, biarkan saja Anda hanya duduk di sana dan menunggu sekitar 10 menit.
Jika adonan untuk resep donat kentang sudah mengembang lagi, cukup buat lubang di tengahnya.
Cukup taruh adonan yang dihasilkan di atas loyang yang dilumuri tepung dengan ringan. Tunggu hingga 1 jam.
Terakhir, panaskan minyak dengan api sedang, jika perlu kecilkan api sedikit agar matang merata. Jika sudah terlihat kuning keemasan, angkat saja dan siap untuk topping.

Semoga bermanfaat untuk sahabat KBI semua

Sumber :