Sumber-informasi-karakteristik-pengaruh-evaluasi-identifikasi

Sumber informasi: karakteristik, pengaruh, evaluasi, identifikasi

Definisi sumber informasi
Baca cepat Buka

Sumber informasi adalah segala sesuatu yang dapat digunakan seseorang untuk mempelajari hal-hal baru dan yang mempunyai sifat, yaitu (1) dilihat, dibaca dan dipelajari, (2) diteliti, dipelajari dan dianalisis (3) digunakan dan dikembangkan dalam kegiatan – pendidikan, Penelitian, kegiatan laboratorium, (4) ditransformasikan ke orang lain. Menurut beberapa pendapat, sumber belajar memiliki arti, yaitu; Sumber belajar meliputi segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu siapa saja belajar dan menunjukkan kompetensinya, sumber belajar meliputi pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan sikap.

(Asosiasi Komunikasi dan Teknologi Pendidikan; 1994). Menurut Dirjen Dikti (1983:12), sumber belajar adalah segala sesuatu dan dengannya seseorang mempelajari sesuatu. Menurut Degeng (1990:83), sumber belajar yang dimaksud meliputi semua sumber yang dapat digunakan oleh peserta didik sehingga terjadi perilaku belajar. Dalam proses pembelajaran, komponen sumber belajar dapat digunakan secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama, baik sumber belajar yang direncanakan maupun sumber belajar yang digunakan. Dari sini dapat disimpulkan bahwa sumber belajar adalah semua sumber yang berupa data, orang dan bentuk tertentu yang dapat digunakan oleh siswa secara sendiri-sendiri atau bersama-sama untuk belajar guna memudahkan siswa mencapai tujuan pembelajaran atau untuk mencapai tujuan pembelajaran. mencapai kompetensi tertentu.
Fungsi informasi

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri informasi, yaitu:

  1. Tepat

Artinya informasi tersebut mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Ini biasanya diverifikasi dengan menguji dua atau lebih orang yang berbeda, dan jika hasil tes menghasilkan hasil yang sama, data dianggap benar.

  1. Tepat waktu

Artinya informasi tersebut harus tersedia atau tersedia pada saat informasi tersebut dibutuhkan, bukan besok atau tidak dalam beberapa jam.

Relevan

Artinya informasi yang diberikan harus memenuhi kebutuhan. Jika suatu organisasi memerlukan informasi ini, informasi tersebut harus sesuai dengan kebutuhan informasi pada tingkat dan departemen yang berbeda dalam organisasi.

  1. Selesai

Artinya informasi harus diberikan secara lengkap.
Pengaruh sumber informasi terhadap sumber belajar

Sumber informasi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap sumber belajar. Sumber informasi menyediakan segala sesuatu yang berguna untuk mempelajari segala sesuatu yang mungkin baru. Kelengkapan dan keakuratan informasi sangat berpengaruh terhadap hasil belajar karena informasi merupakan sumber utama pembelajaran, dan kelengkapan informasi dapat memperlancar pelaksanaan proses pembelajaran, sehingga diharapkan berbagai informasi, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan. . Mengingat pengaruh sumber informasi yang sangat kritis terhadap sumber belajar, maka penyaringan informasi merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan. Hal ini untuk mencegah peserta didik menerima sumber informasi yang salah tempat karena kebutuhan belajar setiap individu yang berbeda.
Baca Selengkapnya: Sejarah BPUPKI

Jenis sumber informasi

Berikut adalah jenis-jenis sumber informasi:

  1. Secara visual

Merupakan sumber informasi yang dapat dilihat dengan indera penglihatan, berupa tulisan dan gambar.
Contoh: buku, majalah, artikel

  1. Audio

Merupakan sumber informasi yang hanya dapat diperoleh melalui indera pendengaran, karena hanya tersedia dalam bentuk suara.
Contoh: radio

  1. Audiovisual

Merupakan sumber informasi yang dapat diperoleh baik melalui indera penglihatan maupun pendengaran.
Contoh: televisi, pakar/pakar, telepon seluler, internet
Evaluasi sumber informasi

Konten informasi umumnya berasal dari materi yang dipublikasikan, data dari lembaga penelitian dan layanan statistik pemerintah, dan dari informasi elektronik yang diperoleh dari layanan online. Saat mencari informasi, tidak jarang kita mendownload informasi yang menyesatkan dari internet setelah membacanya. Mungkin banyak informasi relevan yang terlewatkan hanya karena kita mendapatkan begitu banyak informasi dengan begitu cepat dan hasil yang kita dapatkan belum tentu dapat diandalkan. Tentu saja, anggota komunitas ilmiah memahami disiplin ilmu yang mereka yakini, dan itu bukan satu-satunya sumber informasi yang akan mereka dapatkan. Mereka mengevaluasi sumber informasi berbasis web untuk mengidentifikasi informasi yang menyesatkan. Oleh karena itu, kita perlu mengembangkan keterampilan untuk mengevaluasi informasi yang kita dapatkan ketika kita mencari perpustakaan, bahkan buku, majalah, dan sumber lain yang digunakan oleh para sarjana, penerbit, dan perpustakaan.

Lihat Juga :

https://mandiriecash.co.id/
https://allenstanford.id/
https://nusanews.id/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://beautynesiablog.id/
https://www.sudoway.id/